Blog Image

Blog

5 Jenis Kayu Yang Terkenal Awet Buat Furnitur

January 31, 2020
5 Jenis Kayu Yang Terkenal Awet Buat Furnitur image

Furnitur rumah dari material kayu selalu menjadi pilihan orang-orang pas lagi mendekorasi hunian. Furnitur kayu bisa kasih suasana alam yang sejuk kedalam ruangan. Selain lebih ramah lingkungan, kesan klasik yang dibawah furnitur kayu juga gak habis dimakan waktu. Di samping kekuatan dan daya tahannya, kayu juga terdiri dari berbagai macam jenis yang memiliki warna, tekstur, dan pola yang unik dan khas, sehingga dapat memberi nilai estetika lebih terhadap desain rumah.

Kayu jenis ini sudah gak dipungkiri lagi kualitasnya. Kayu jati emang terkenal karena kekuatan dan daya tahannya yang bagus banget. Saking kuat dan awetnya, kayu jati baik digunakan buat furnitur di eksterior rumah. Bahkan kayu jati juga dijamin sangat kuat digunakan sebagai material buat membangun rumah.Semakin tua usia pohon jati, maka semakin kuat dan berkualitas pula kayu jati yang bisa dihasilkan.

Kayu yang satu ini terkenal punya sifat bahan yang keras, sehingga sangat sulit untuk diolah. Seratnya yang lurus dan terpilih membuat kayu ini memiliki tekstur keras. Namun sifat keras inilah yang menjadikan kayu ini kuat dan tahan terhadap hama dan cuaca. Kayu damar laut yang baru umumnya memiliki warna kuning kecoklatan, dan semakin lama terekspos di luar ruangan, maka warna kayunya akan semakin gelap.

Sebagai kayu berkualitas tinggi, sifat dan karakteristik kayu merbau adalah berbeda dengan kayu yang lainnya. Karakteristik kayu merbau dari segi warna yang dominan adalah berwarna kuning kecoklatan hingga coklat kemerahan.Warna kayu yang lebih mirip seperti kayu jatii nilah yang ngebuat kayu merbau banyak digunakan sebagai pengganti. Kayu yang banyak ditemui di pulau Papua, Kalimantan dan juga Sulawesi ini punya sifat mekanis kayu yang keras. Walaupun demikian, kayu ini tergolong awet dan tahan lama.

Jenis kayu yang satu ini banyak ditemukan di kawasan hutan tropis seperti di Kalimantan, serta di sejumlah wilayah di Filipina dan Malaysia. Bengkirai punya karakter padat dengan warna khas kuning kecoklatan. Kayu bengkirai juga memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, kayu ini juga mempunyai bobot yang sedikit lebih berat ketimbang kayu jati. Meskipun kayu bengkirai memiliki potensi retak yang tinggi, namun kayu bengkirai dapat diperbaiki dengan mudah, kamu cukup menutupinya dengan dempul atau wood filler yang gak akan mengurangi kekuatan kayu bangkirai itu sendiri.

Memiliki daya tahan lebih kuat dan gak mudah mengalami pembusukan. Sehingga kayu Meranti cocok buat dijadikan sebagai bahan dasar bangunan rumah atau perabotan rumah tangga lainnya. Tekstur yang dimiliki cenderung kasar dengan permukaan berupa garis-garis halus warna abu-abu yang keliatan begitu mencolok kalau diperhatikan lebih detail.