Blog Image

Blog

Dekorasi Rumah yang Aman Bagi Lansia

January 6, 2020
Dekorasi Rumah yang Aman Bagi Lansia image

Dekorasi aman di rumah sangat perlu untuk diperhatikan, terutama untuk orang lanjut usia (lansia) yang tinggal didalamnya. Mengingat usianya sudah lanjut membuat penyembuhan yang dialami oleh lansia mulai melambat. Karena itu ada beberapa faktor penting yang perlu kamu perhatikan untuk mencegah agar mereka tidak mudah cidera dan aman berada di rumah.

Berikut ini Mendekor berikan kamu beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menata interior atau dekorasi rumah yang aman untuk lansia:

Pastikan tidak ada ubin yang rusak atau tidak rata di dalam rumah, dan perhatikan berbagai barang-barang yang tidak terpakai untuk dirapikan, karena dapat menyebabkan orang lansia tersandung dan jatuh. Usahakan juga untuk meminimalkan alas kaki seperti karpet-kerpet berukuran kecil atau sedang yang dapat membuat orang lansia terpeleset. Namun, jika kamu ingin memberikan suasana yang hangat, kamu dapat memasang karpet secara keseluruhan di ruanganmu.

Sebaiknya gunakan bahan anti selip pada handrail agar tidak licin saat dipegang. Periksa rutin pada handrail perlu untuk kamu lakukan agar keamanan lebih terjaga. Aplikasikan warna yang berbeda untuk menandai anak tangga terakhir dan pertama agar terlihat mencolok. Lalu pilihlah bahan yang terbuat dari kayu, agar tidak licin ketika terkena air yang membahayakan.

Saat malam tiba cenderung semua lampu dimatikan untuk menghemat energi, namun akan sangat berdampak buruk bagi lansia karena usia yang tidak muda membuat pengelihatan mereka berkurang sehingga penerangan yang cukup perlu untuk kamu aplikasikan. Kamu dapat menggunakan lampu hemat energi seperti LED dengan intensitas cahaya yang tidak terlalu terang untuk diaplikasikan dibagian lorong-lorong dan bagian tertentu lainnya.

Furnitur dengan roda dapat dengan mudah bergerak yang menyebabkan orang lansia terjatuh ketika berpegangan, karena biasanya orang lansia berpegangan pada furnitur terdekat ketika mereka berjalan di dalam rumah. Sehingga lebih baik kamu mengurangi furnitur dengan kaki beroda. Kamu dapat menambahkan bantalan pada setiap furnitur agar tidak mudah tergeser.

Pastikan untuk merapikan kabel-kabel yang melintang pada lantai, karena dapat menyebabkan orang tua tersandung dan jatuh. Jika tidak memungkinkan untuk digantung kamu dapat membuat saluran pada area ubin agar tetap rapi. Kamu dapat menggunakan cable oragnizer agar tetap tersusun rapi. Atau merapihan kabel pada kaki meja sisi untuk memasang lampu meja atau dekorasi lainnya.