Blog Image

Blog

Dibalik Wanita Tangguh, Pengusaha Mebel

January 8, 2020
Dibalik Wanita Tangguh, Pengusaha Mebel image

Cheila adalah wanita kelahiran Jepara yang sudah terbiasa membantu orang tuanya berwirausaha di bidang penjualan mebel. Usaha orang tuanya ini sudah berdiri sejak ia lahir pada tahun 1992. Setelah ia meraih gelar sarjana, Cheila memilih melanjutkan usaha orang tuanya itu dalam hal berdagang. Ia mulai mendirikan usahanya sendiri pada tahun 2014.

“Berbekal pengalaman yang diberikan orang tua, saya berkeinginan untuk mendirikan usaha sendiri dalam bidang yang sama dan juga sekaligus melanjutkan usaha mereka,” ucap Cheila.

Pada awalnya, Cheila sempat ragu untuk memulai usaha ini karena ia merupakan seorang wanita. Ia takut orang lain tidak percaya akan hasil kerjanya pada bidang furnitur atau mebel ini yang biasanya dikerjakan oleh laki-laki. Namun, setelah melihat pasar dan kesempatan yang ada, maka ia bertekad untuk memulai usahanya ini dengan bersungguh-sungguh.

“Di bidang industri mebel ini banyak sekali manfaat yang saya dapatkan selain keuntungan dalam materi atau financial, selain itu menambah relasi dengan banyak orang,” tuturnya pada tim Mendekor.

Seperti pada umumnya sebuah usaha, Cheila pun menemukan kesulitan yang hampir membuatnya putus asa. Namun karena didukung oleh banyak pihak terutama keluarga, ia kembali menemukan semangat untuk tetap berkomitmen memajukan usaha tersebut dan mencari solusi disetiap hambatan yang ia temukan.

“Kesulitan supplier, bahan baku dan kadang untuk pekerja sendiri kesusahan. Karena kebanyakan pekerja atau masyarakat disini memilih untuk bekerja di pabrik,”jelasnya.

Setelah melewati beberapa hambatan dalam usaha funitur atau mebel ini dan mendapatkan 2 orang pekerja, Cheila mulai mencari relasi untuk mengembangkan usahanya tersebut. Wanita berumur 26 tahun ini mulai bergabung dengan Mendekor dalam hal memasarkan produknya tersebut. Selain keuntungan material, Cheila banyak belajar dari kerja sama yang sudah berjalan satu tahun ini

“Keuntungan sudah pasti tentang materinya karena bekerja sama dengan Mendekor saya lebih teliti dan didiplin waktu. Peningkatan pendapatan yang saya dapatkan pun lumayan besar untuk ukuran waktu yang belum terlalu lama ini, yaitu lebih dari 30%,” urai Cheila.