Blog Image

Blog

Tips Merawat Tanaman Di Dalam Ruangan

January 6, 2020
Tips Merawat Tanaman Di Dalam Ruangan image

Menempatkan tanaman di dalam ruangan tidak hanya mempercantik interior. Keberadaan tanaman hijau misalnya, banyak ditempatkan di dalam ruangan sebagai antipolutan. Agar udara di dalam ruangan tetap terjaga, pertumbuhan tanaman-tanaman inipun perlu diperhatikan. Jangan sampai tujuan menempatkan tanaman di dalam ruangan agar kualitas udara lebih bersih dan sehat justru terjadi sebaliknya. Untuk itu, beberapa hal berikut perlu diperhatikan agar tanaman di dalam ruangan dapat tumbuh dengan baik.

Pemilihan tanaman yang tepat dimulai dari jenis, bentuk dan ukuran untuk dijadikan pajangan di rumah sangatlah penting. Untuk memelihara tanaman indoor sebaiknya pilih tanaman yang mudah di rawat dan ukurannya tidak terlalu besar. Berikut beberapa contoh tanaman dapat menjadi pilihan kamu, yaitu Monstera, Palm, Philodendron, Airplants, Rubber Tree dan Pothos. Tanaman-tanaman ini sangat mudah dirawat, tidak memerlukan banyak air dan beberapa tidak perlu disiram setiap hari.

Menanam tanaman di dalam pot unik dengan ukuran bervariasi dapat menambah keindahan dari tanaman tersebut. Pastikan sirkulasi udara dalam ruangan juga baik. Sebaiknya dekat dengan kaca namun bukan kaca bagian barat karena sinar marahari yang terpancar sangat panas. Letakkan beberapa tanaman berdekatan untuk menjaga kelembaban ruang. Pastikan selalu dirotasi seminggu indoor dan seminggu outdoor, simpan ditempat yang teduh,terpapar matahari hingga pukul 9 pagi.

Dalam membantu tanaman tumbuh besar dan subur, sebaiknya lakukan pemupukan sederhana selama dua minggu sekali. Gunakan pupuk yang memiliki keseimbangan nitrogen untuk pertumbuhan batang dan daun. Menggunakan pupuk yang kaya akan fosfor, akan memperkuat akar tanaman, sedangkan pupuk dengan kandungan kalium tinggi akan memperkokoh dan memperkuat tanaman.

Tanaman membutuhkan air untuk hidup, namun pemberian air yang terlalu banyak akan merusak tanaman, selain itu sebaiknya hindari terlalu sering menyiram tanaman. Menyiram tanaman cukup 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Menyiram tanaman bertujuan hanya untuk melembabkan tanah didalam pot saja, jangan biarkan air tergenang di dalam pot karena akan menyebabkan akar tanaman menjadi busuk. Gunakan tangan untuk menyentuh tanah pada pot tanaman untuk mengukur kelembaban tanah. Apabila kurang lembab, maka tambahkan sedikit air sampai kelembaban tanah dirasa pas.


Dalam merawat tanaman, selain konsumsi air yang perlu diperhatikan, vitamin juga menjadi salah satu yang penting. Karena tanaman juga memerlukan vitamin untuk menunjang kehidupannya. Pilihlah vitamin organik dengan merk apa saja yang kamu sukai. Penggunaan vitamin ini dapat kamu gunakan seminggu sekali atau 2 minggu sekali.