Blog Image

Blog

Cara Punya Rumah di Usia Muda

March 11, 2020
Cara Punya Rumah di Usia Muda image

Punya rumah di usia muda atau sebelum menikah bisa jadi impian bagi sebagian kaum milenial. Namun, tingginya harga properti, apalagi di ibu kota Jakarta, membuat impian itu seolah sulit buat terwujud. Selain itu, fakta bahwa harga rumah cenderung naik setiap tahunnya, semakin membuat sulit buat memiliki rumah di usia muda. Tapi sebenarnya ada tipsnya loh buat wujudkan itu semua Kawan. Yuk simak!

Kalau emang berniat memiliki rumah sendiri di usia muda, salah satu kuncinya tetap saja menabung. Gak perlu kalian menabung langsung dalam jumlah besar karena meski nominalnya kecil bila itu berkelanjutan malah lebih terlihat hasilnya. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Kamu bisa memulainya dengan cara ikut menanam modal di dalam usaha yang dikelola teman atau keluarga, hal ini pasti akan membuat kamu mendapatkan sejumlah keuntungan di masa yang akan datang. Kamu juga bisa menginvestasikan uang dalam bentuk investasi yang lebih aman, seperti emas, deposito, atau reksadana.

Sebelum memulai, tentunya hal pertama yang harus dilakukan adal menentukan seberapa besar budget yang akan disiapkan. Rencanakan hal ini dengan cara menghitung seberapa sanggup kamu menabung setiap bulannya. Untuk itu, tentukan budget yang realistis dan sesuai dengan kemampuanmu aja Kawan!

Sebab biaya sewa bisa jadi sumber pengeluaran terbesar. Bahkan menurut data riset yang dilakukan, menyewa hunian bisa menghisap sekitar 30 persen dari pendapatan bulanan, loh. Kalo udah gak tinggal bersama keluarga, setidaknya pilih unit sewa yang mungil dan praktis. Dengan demikian kamu gak perlu bingung mengisi perabot atau melakukan perawatan dan bersih-bersih.