Blog Image

Blog

Menyulap Loteng Rumah jadi Kamar Tidur

April 19, 2020
Menyulap Loteng Rumah jadi Kamar Tidur image

Loteng rumah dibiarkan menjadi gudang? Sayang banget, loh Kawan! Yuk, renovasi jadi sebuah ruangan yang menginspirasi dan lebih berfungsi. Sepertinya, hampir kebanyakan rumah bertingkat punya loteng atau sebuah ruang yang gak terpakai secara maksimal. Loteng bukan saja digunakan buat gudang penyimpanan Kawan. Kamu bisa menyulapnya menjadi kamar tidur yang sesuai impianmu. tapi, perlu adanya perencanaan yang matang.

Gunakan material konstruksi atap yang kuat seperti kayu atau beton yang dapat menopang berat kamar. Perhatikan juga kemiringannya yang ideal sebesar 50% dan ketinggian yang ideal antara 2-2,4 meter agar kepala gak terbentur saat berdiri.

Pilihlah furnitur yang built-in sehingga pas dengan kamar dan yang multifungsi sebagai penyimpanan supaya bisa memuat banyak barang dengan ruang yang terbatas. Contohnya ranjang tempat tidur yang dilengkapi dengan laci di bawahnya.

Pastikan menggunakan insulator di bagian bawah lapisan genting buat mengurangi panas. Kamu juga perlu membuat jendela atau skylight  yang berguna untuk sirkulasi udara dan mengurangi kelembaban. Selain itu, kamu juga bisa menghemat listrik.

Membongkar plafon dan menggantinya dengan lantai dak maupun cor. Tujuannya supaya loteng menjadi lebih kuat buat ditempati furnitur dan bearktivitas. Sebaiknya, kamu pakai material penutup lantai yang ringan untuk mengurangi beban, seperti lantai kayu atau vinyl.

Membuat tangga buat menjadi akses kamar loteng ke ruangan inti rumah. Perhatikan lebar sisi tangga dan posisinya dalam meletakkan tangga. Jangan sampai membuat rumah terlihat sumpek dan mengganggu alur aktivitas di ruang bawah.