Blog Image

Blog

Tips Lolos Cicilan Rumah KPR

June 26, 2020
Tips Lolos Cicilan Rumah KPR image

Semua orang pasti ingin punya rumah sendiri. Tapi, mahalanya harga rumah sehingga orang harus mengambil pinjaman KPR. Gimana si tips lolos KPR rumah baru atau bekas supaya disetujui bank? Mendekor kasih kamu nih 5 tips lolos KPR yang wajib diperhatikan kamu yang mengajukan pinjaman, terutama paham syarat KPR Rumah.

Tentunya jadi jaminan bahwa kamu biasa dalam membayar cicilan nanti yang tentunya akan berlangsung belasan tahun, bahkan 25 tahun hingga 30 tahun. Akan lebih baik jika kamu sudah memiliki pasangan, karena penghasilan berdua bisa digabungkan. Sehingga dengan begini cicilan per bulan akan dirasa lebih ringan, atau mungkin kamu bisa mengambil rumah yang lebih baik dengan harga lebih mahal.

Usahakan buat membayar DP dalam jumlah yang besar ya, meski saat ini banyak pihak yang menawarkan keringanan berupa DP kecil dan sebagainya sehingga kamu gak perlu mengeluarkan biaya besar di awal. Tapi logikanya, semakin besar uang muka yang dibayarkan, maka sisa cicilan kamu tentu akan lebih kecil bukan? Jadi cicilan per bulan pun relatif lebih ringan ketimbang kamu membayar DP kecil di awal.

Penetapan syarat usia dalam pengajuan KPR sebenarnya berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam membayar cicilan yang notabene memakan waktu belasan hingga puluhan tahun. Maka, yang akan dipastikan bank adalah ketika proses cicilan berlangsung, kamu belum memasuki usia pensiun (non-produktif). Jadi semakin dini, akan lebih baik. Kamu yang berada di usia produktif seperti 25 tahun hingga 35 tahun, dianggap sebagai masa yang tepat untuk mulai mencicil KPR. 

Selain mengurus dokumen pribadi, kamu juga harus memastikan rumah yang akan dibeli mulai dari spesifikasinya, hingga kelengkapan surat. Pilih lokasi rumah yang strategis dengan akses jalan yang memadai. Hindari properti yang bermasalah, karena jika properti yang akan dibeli belum jelas status hukumnya, kemungkinan besar pengajuan kamu bakalan ditolak.