Blog Image

Blog

Cara Mencegah Rumah dari Banjir

February 27, 2021
Cara Mencegah Rumah dari Banjir image

Mencegah banjir memang harus dimulai dari diri sendiri. Salah satu hal utama yang mesti diperhatikan dalam mencegah terjadinya banjir adalah kebersihan lingkungan. Untuk itu, membuang sampah serta memperhatikan hal lainnya jadi cara paling utama dan paling efektif. Tapi, enggak cuma membuang sampah pada tempatnya saja yang diperlukan untuk mencegah banjir. Berikut ini tips dari Mendekor yang bisa kamu pakai untuk mencegah banjir datang ke rumahmu!

Cara mencegah banjir yang paling utama adalah membuang sampah pada tempatnya. Kamu mungkin udah cukup bosan mendengar pesan “buanglah sampah pada tempatnya” dan banyak juga orang yang menyepelekannya. Enggak banyak orang yang benar-benar melakukannya, padahal buang sampah sembarangan berpotensi tinggi.

Hal ini juga dapat menjadi salah satu cara mencegah banjir yang efektif. Pohon dan tanaman hijau dapat mencegah terjadinya banjir. Namun enggak banyak yang tahu cara kerja pohon mengatasi debit air berlebih. Tanaman akan menancapkan akarnya ke dalam tanah. Lubang yang dihasilkan akar tersebut menjadi jalur bagi air untuk masuk ke dalam tanah lebih jauh. 

Tata ruang tamu di lantai dasar dengan perabotan seminimal mungkin. Jangan memaksakan ingin menaruh furnitur yang berat karena akan merepotkan ketika banjir datang. Jika memungkinkan, ruang tamu dibuat model lesehan. Alas duduk dari beton yang di atasnya diberi bantal-bantal untuk alas duduk. Bisa juga diberi jok-jok kecil ala lesehan Jepang.

Sebelum menaikkan permukaan ruang tamu, permukaan teras juga perlu dinaikkan beberapa sentimeter. Dari teras rumah menuju ke ruang tamu ditinggikan dengan menambah beberapa anak tangga. Jumlah anak tangga tergantung ketinggian banjir yang sering dialami masing-masing penghuni rumah.