Blog Image

Blog

Cara Mengatasi Cat Dinding yang Kelupas

February 11, 2021
Cara Mengatasi Cat Dinding yang Kelupas image

Cat dinding merupakan salah satu komponen paling penting dalam pembangunan rumah. Cat akan membuat dinding tampak lebih indah. Namun, cat juga butuh perawatan. Jika dibiarkan saja, pasti bakal muncul berbagai masalah. Mulai dari warna cat memudar, warna kotor hingga cat dinding mengelupas. Berikut merupakan cara mengatasi cat dinding agar tidak kelupas Kawan!

Jika kamu baru saja mengecat ulang tembok rumah dan mendapati catnya mengelupas, mungkin kamu lupa mengorek cat yang lama.Kalau ini yang terjadi, korek cat yang telah mengelupas dengan cat yang lama. Pastikan cat yang lama bersih dari dinding. Cat dengan perlahan agar dinding tetap terjaga.

Bila kamu telah melakukan tahap pertama dan masih ada sisa cat yang susah untuk dikorek, jangan dipaksakan untuk mengorek dengan paksa. Tembok kamu bisa rusak hingga menimbulkan banyak kerugian.Kalau ada cat yang susah saat dikorek, ampelas cat dapat membantu. Sesuaikan ketebalan ampelas dengan ketebalan cat. Jangan mengampelas terlalu dalam karena dapat menyebabkan dinding rusak.

Salah penyebab kebocoran yang paling umum adalah dinding yang basah. Jika dinding yang kamu miliki tampak basah dan sudah mengelupaskan cat, akan percuma untuk mengecat ulang.Kamu harus mencari posisi yang membuat tembok tersebut basah. Titik-titik yang paling sering membuat tembok basah adalah atap, jendela, dan tempat AC. Kalau kamu sudah menemukan tempat yang bocor, segera tambal.

Sesuai penjelasan sebelumnya, penyebab dari cat yang mengelupas adalah tembok yang kotor. Karena itu, kamu harus membersihkannya sebelum mengecat. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan tembok. Salah satu cara membersihkannya adalah dengan menggunakan air atau kain yang basah. Setelah selesai membersihkan, jangan langsung mengecat. Tunggu hingga tembok benar-benar kering baru dicat lagi.