Blog Image

Blog

Mengatasi Kebocoran di Atap Rumah

February 25, 2021
Mengatasi Kebocoran di Atap Rumah image

Faktanya, hampir seluruh rumah di Indonesia mungkin pernah mengalami masalah klasik yang biasanya terjadi saat musim hujan, yaitu kebocoran atap rumah. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya saat atap bocor, di antaranya adalah bergesernya genteng sehingga ada celah maupun lubang di langit-langit. Yuk simak bagaimana cara atasi masalah yang satu ini!

Cuaca menjadi salah satu factor penyebab atap rumah kamu bocor. Terlebih jika sudah masuk musim penghujan dan berangin.  Beberapa penyebab struktur bangunan mengalami kebocoran selain faktor cuaca diantaranya ialah beban yang berlebihan dan penyusutan daya tahan. Bagi rumah kamu yang memiliki atap rumah dari dak beton maka pakailah waterproofing coating.  Setelah beton dicor dan telah mengalami proses penggenangan air selama 7 hari lalu dilakukan waterproofing coating. Dengan waterproofing coating maka pori-pori dalam struktur bangunan akan semakin mengecil dan kedap akan air.

Atap yang bocor bisa saja karena posisi genteng rumah yang tidak benar. Untuk mengatasi genteng yang melorot kamu bisa memasang paku pada reng yang terletak dibawahnya. Paku ini bisa mengganjal genteng agar tidak melorot kebawah.  Pastikan pula kemiringan atap berada pada kemiringan 30-40 derajat untuk genteng keramik. Untuk absesnya paling tidak butuh 15 derajat dan pastikan mengganti genteng yang sudah retak. Bersihkan pula atap dari kotoran endapan pasir dan lumut agar tidak mudah membuat genteng kamu retak.

Talang air yang kotor juga bisa memicu kebocoran diatap rumah. talang air bisa saja kotor karena daun-daun yang meranggas. Untuk itu kamu perlu membersihkan bagian talang air ini secara rutin dan jangan sampai menumpuk sampah daun kering ini berlama-lama. Bersihkan sampah pada aliran air sehingga tidak menghambat air hujan yang mengalir pada atap rumah.

Selain atap, plafon rumah yang sudah mengalami pelapukan, lembap dan rusak juga bisa mengakibatkan rembes dan mengganggu kualitas udara yang tersebar di dalam ruangan. Maka dari itu, segera periksa kondisi plafon di rumahmu agar tidak mengalami rembes saat hujan deras dengan mengganti atau memperbaiki bagian yang telah rusak.