Blog Image

Blog

Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

March 19, 2021
Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis image

Belakangan ini mungkin kita sering mendengar para artis mulai menjalani gaya hidup minimalis, gaya hidup yang mampu mengubah cara pandang. Minimalis ternyata bukan hanya sebatas konsep bangunan, lebih dari itu juga berperan sebagai prinsip hidup loh Kawan. Pernahkah enggak terpikir kalau enggak semua barang yang kamu miliki selalu kamu butuhkan? Nah, prinsip minimalis bergerak dari pertanyaan itu, bahwa hal-hal yang enggak benar-benar diperlukan sebaiknya disingkirkan. Berikut ini Mendekor kasih tau kamu manfaat kalau menerapkan gaya hidup minimalis.

Ketika seseorang tinggal dengan begitu banyak kepemilikan barang, artinya energi yang dialokasikan untuk merawatnya pun enggak sedikit. Bandingkan aja seorang minimalis yang hanya memiliki total 33 benda di lemari, pasti hidupnya terasa lebih lowong ketimbang yang memiliki ratusan barang. Perlu ada energi khusus buat menyimpan, menata, mencuci, menyetrika, bahkan ketika mendelegasikan tugas itu pada orang lain seperti ART atau jasa laundry, tetap saja ada sumber daya yang harus dikeluarkan berupa uang.

Punya terlalu banyak barang di sekitar juga membuat pikiran semakin sibuk. Akhirnya, hal ini mengakibatkan seseorang mudah terdistraksi dan sulit fokus. Ibaratnya, pikirannya sulit merasa damai. Rasa damai ini enggak hanya bisa dicapai dengan meditasi saja, tapi juga dengan menerapkan gaya hidup minimalis seperti yang dikatakan Sage Dewi #healthymindfulliving

Secara enggak langsung, gaya hidup ini juga merapikan banyak hal dalam hidup kamu loh. Selain pikiran, tempat dimana kamu tinggal juga akan jauh terlihat rapi dan tertata. Hal ini dikarenakan konsep minimalis bukan cuma berbicara pola pikir melainkan sampai ke tindakan dalam hidup juga Kawan. 

Dengan mempunyai banyak barang yang sebenarnya enggak terlalu kita butuhkan, ini akan sangat menyita waktu. Bayangkan, jika kamu harus menghabiskan waktu buat membeli, membersihkan, mengatur, dan sebagainya. Padahal, waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk mengerjakan sesuatu yang lebih produktif. Sayang kan kalau cuma dihabiskan untuk urusi barang-barang.