Blog Image

Blog

Cara Mengatasi Rumah Yang Sering Bocor

June 21, 2021
Cara Mengatasi Rumah Yang Sering Bocor image

Atap rumah merupakan perlindungan yang digunakan untuk melindungi dari sinar teriknya matahari dan air hujan.  Atap rumah yang bocor tentu menjadi masalah yang amat penting bagi kenyamanan anda saat di rumah.  Apalagi jika anda tinggal sendiri dan jauh  dari keramaian sehingga dituntut mandiri dalam merawat dan memperbaiki rumah anda.  Berikut cara mengatasi atap rumah yang bocor sebagai berikut :

 

1. Water Proofing Bisa Jadi Pilihan

Faktor cuaca seperti di saat musim hujan bisa jadi salah satu penyebab kebocoran atap rumah. Buat kamu yang memiliki atap rumah dari dak beton, kamu bisa pakai waterproofing coating untuk melindungi atap rumah dari kebocoran.

2. Atur Posisi Genteng

Atap yang bocor bisa saja karena posisi genteng rumah yang tidak benar, misalnya genteng yang melorot. Kamu bisa memasang paku pada reng yang terletak di bawahnya. Pastikan kemiringan atap berada pada kemiringan 30-40° untuk genteng keramik dan 15° pada asbesnya.

3. Bersihkan Telang Air

Kamu juga harus memperhatikan talang air nih, kawan. Talang air yang kotor karena sumbatan sampah bisa memicu kebocoran pada atap rumah loh! Jangan lupa untuk selalu membersihkan sampah pada aliran air ya agar air hujan dapat mengalir pada atap rumah.

4. Perbaiki Pipa Saluran Air Yang Bocor

Saluran pipa air yang rusak akan mengganggu aliran air hujan dan mulai mengikis bagian atap rumah. Segera lakukan perbaikan pipa ya agar mencegah terjadinya kebocoran pada atap rumah.

Nah itu dia tips mengatasi atap rumah yang bocor dari Mendekor. Sudah perbaiki atap belum? Yuk kunjungi Tokopedia dan Shopee Mendekor untuk kebutuhan dekorasi rumah kamu.